logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Analisis Jabatan dan Spesifikasi Jabatan

Analisis Jabatan (job analysis) adalah proses, metode, dan teknik untuk mendapatkan data jabatan, mengolahnya menjadi informasi jabatan, dan menyajikannya untuk program-program kelembagaan, kepegawaian serta ketatalaksanaan, dan memberikan layanan pemanfaatannya bagi pihak-pihak yang menggunakannya atau memberikan gambaran spesifikasi jabatan tertentu.

Jadi analisis jabatan terdiri atas tiga kegiatan pokok, yaitu: pengumpulan data jabatan, pengolahan data jabatan, dan penyajian informasi jabatan untuk berbagai program.

Spesifikasi Jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik. Spesifikasi jabatan ini dapat disusun secara bersama-sama dengan uraian jabatan, tetapi dapat juga di susun secara terpisah. Beberapa hal yang pada umumnya dimasukkan dalam spesifikasi jabatan adalah:
  1. Persyaratan pendidikan, latihan dan pengalaman kerja  
  2. Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
  3. Persyaratan fisik dan mental  
  4. Persyaratan umur dan jenis kelamin
Contoh: Spesifikasi untuk personil terlatih dan tidak terlatih, sebagai contoh andaikan anda ingin mengisi satu posisi untuk pemegang buku (bookkeeper atau konselor atau programmer terlatih). Dalam kasus ini spesifikasi jabatan anda mungkin memfokuskan terutama pada ciri-ciri sepertinya lamanya pelayanan (jasa) sebelumnya, mutu atau pelatihan yang relevan, dan kinerja jabatan sebelumnya, dengan demikian, biasanya tidak terlalu sulit menetapkan tuntunan manusiawi untuk menempatkan orang yang sudah terlatih pada suatu jabatan.


Namun masalahnya lebih rumit lagi bila anda berusaha mengisi jabatan dengan orang yang tidak terlatih (barangkali dengan maksud melatih mereka saat berkerja). Disini anda perlu menspesifikasi mutu seperti ciri-ciri, kepribadian, minat, dan keterampilan sensoris yang menyatakan secara tidak langsung beberapa potensial untuk menjalankan jabatan atau memiliki kemampuan untuk dilataih pada jatabatan itu. 

Pengertian Analisis Jabatan dan Spesifikasi Jabatan

Sebagai contoh: andaikan jabatan itu menuntut manipulasi terinci pada lini perakitan papan sirkuit. Disini anda mungkin ingin memastikan skor ketangkasan jari yang tinggi dari orang itu. Dengan kata lain, tujuan anda adalah mengindentifikasi ciri-ciri personil tersebut, tuntunan manusiawi yang secara sah meramalkan calon mana yang akan menjalankan jabatan itu dengan baik dan mana yang tidak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger