Pin It

Strategi Kewirausahaan: Menghasilkan dan Mengeksploitasi Usaha Baru

Posted by Budi Wahyono on Friday, July 20, 2012

Salah satu usaha penting  dalam kewirausahaan adalah usaha baru, usaha baru meliputi: 1. menawarkan semua produk baru kepada pasar; 2. menawarkan sebuah produk yang sudah ada; 3.menciptakan sebuah  organisasai yang baru terlepas apakah produk itu baru bagi pesaing atau konsumen.

Penciptaan Kesempatan dari Suatu Usaha Baru
Sumber daya sebagai sumber keunggulan kompetetif , ketika sebuah perusahaan memulai usaha baru, sumber daya  ini dapat dikombinasikan  untuk menyediakan  kapasitas bagi perusahaan  untuk mencapai kinerja yng unggul, agar sumber daya  menjadi basis dari kinerja yang unggul diatas para pesaingnya,sumber daya harus bernilai,  langka dan tidak dapat ditiru.

Untuk menjadikan suatu usaha  berkembang perlu diperhatikan tentang pasar dan pengetahuan teknologi,  dan menilai keuntungan dari  dari peluang usaha baru.


Stategi  Usaha untuk Eksploitasi  Usaha Baru
Sumber  keunggulan kompetif  adalah menjadi yang pertama  dalam mengenalkan produk baru atau  menciptakan usaha baru karena dengan usaha baru  dapat memungkinkan mendapatkan  keuntungan yang bisa  meningkatkan kinerja. Hai ini termasuk:
  1. Penggerak awal  mengembangkan sebuah  keunggulan biaya  maksudnya  menjadi yang pertama  yang menjual  sebuah produk pada pasar
  2. Penggerak  awal  menghadapi persaingan kompetetif,  yang pertama sedikit konsumen  terus berkembang  dan akhirnya akan hilang 
  3. Penggerak awal  dalam penggunaan saluran-saluran distribusi,karena awal  memiliki kesempatan memilih  dan menggembangkan relasi  yang kuat  dengan para pemasok dan saluran distribusi  terpenting. 
  4. Penggerak awal dalam memuaskan konsumen dengan  barang yang dihasillkan sesuai selera, sesuai pangsa pasar yang dituju 
  5. Penggerak awal dari mendapatkan keahlihan  melalui partisipasi dengan belajar produk yang sudah ada, memantau perubahan dipasar yang  menjadi sulit, membangun jaringan.

Ketidakpastian  Konsumen dan Ketidakuntungan Penggerak Awal
Memperkenalkan  produk baru kepasar yang ada  melibatkan semua elemen dan ada ketidakpastian  bagi konsumen mengenai produk baru  yang  tidak yakin bahwa produk baru mempunyai kelebihan dari produk lama, dan konsumen enggan untuk pindah keproduk baru,cara yang tepat untuk mengenalkan produk baru dengan iklan yang sering melalui media cetak dan elektronik  dan dengan  pengarahan atau mendemonstrasikan produk baru di acara atau efen-efen tertentu sehingga konsumen bisa tertarik dan mau menjadi pelanggan tetap.

Baca Juga Artikel ini:

Tulis Komentar: