Thursday, July 26, 2012

Internal Audit - Produksi/Operasi

By
Pengertian produksi diartikan sebagai kegiatan menghasilkan barang untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pengertian ini terlalu sempit, sebab produksi juga dapat menghasilkan jasa. Sehingga ada pengertian lain tentang produksi yaitu penciptaan barang dan jasa. Oleh karena itu, istilah produksi kemudian dikembangkan dengan operasi. Pengertian operasi (operations) adalah kegiatan merubah masukan menjadi keluaran sehingga lebih bermanfaat daripada bentuk aslinya, dengan kata lain operasi adalah kegiatan merubah bentuk untuk menambah manfaat atau menciptakan manfaat baru.

Manajemen produksi/operasi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.  Manajemen produksi/operasi menangani input, transformasi dan output yang beragam dari suatu industri dan pasar ke industri dan pasar yang lain. Manajemen produksi/operasi terdiri dari lima fungsi atau area keputusan, sebagaimana digambarkan dalam tabel di bawah ini:


Aktivitas produksi/operasi seringkali merepresentasikan bagian terbesar dari asset manusia dan modal suatu organisasi. Pada kebanyakan industri, biaya terbesar dalam membuat suatu produk atau jasa terjadi di dalam operasi, sehingga produksi/operasi dapat memiliki nilai yang besar sebagai senjata kompetitif dalam strategi keseluruhan perusahaan. Kekuatan dan kelemahan kelima fungsi produksi/operasi tersebut dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis.

Artikel Terkait:
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment